Sabtu, 28 Maret 2020

PTK BIOLOGI SMP KELAS VII SEMESTER 2 EKOSISTEM

Perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  dari  waktu  ke  waktu semakin   pesat, arus globalisasi semakin hebat. Akibat dari fenomena ini antara lain memunculkan persaingan dalam berbagai bidang kehidupan terutama dalam bidang lapangan kerja. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya  manusia  yang  berkualitas.  Untuk  mencetak  sumber  daya  manusia  yang berkualitas diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan ptk ipa terpadu smp doc.

Berbicara mengenai pendidikan yang ada di sekolah seringkali mebuat kita  kecewa,  apalagi  bila  dikaitkan  dengan  pemahaman  siswa  terhadap  materi pelajaran.  Walaupun  seringkali  kita  mengetahui  bahwa  banyak  siswa  yang mungkin  mampu  menyajikan  tingkat  hapalan  yang  baik  terhadap  materi  yang diterimanya,  tetapi  pada  kenyatannya  mereka  seringkali  tidak  memahami  atau tidak  mengerti  secara  mendalam  pengetahuan  yang  bersifat  hapalan  tersebut. Sebagian besar dari siwa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan itu dapat dipergunakan / dimanfaatkan.

Pembelajaran  IPA  di  SMP  pada  umumnya  masih  didominasi  oleh aktifitas guru. Kelas berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan KBM berpegang pada buku paket saja. Sehingga kegiatan pembelajaran kurang memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  berinteraksi  dengan  benda-benda konkrit dalam situasi yang nyata ptk ipa smp kelas 7 kurikulum 2013 doc..

Pada pengamatan awal di SMP Negeri I Doro menunjukkan kenyataan bahwa proses KBM berjalan secara teoritis dan tidak terkait dengan lingkungan nyata   tempat   siswa   berada.   Padahal   kondisi  lingkungan   sekolah   sangat memungkinkan untuk diadakannya kegiatan praktikum, yang dalam pelaksanaannya tidak harus di dalam laboratorium. Sehingga siswa hanya dapat embayangkan obyek yang sedang dipelajarinya secara abstrak contoh judul ptk ipa smp kurikulum 2013. 

Pada gilirannya minat dan motivasi serta keaktifan siswa menurun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar  siswa  yang  belum  mencapai  ketuntasan  belajar  baik  secara  individu maupun secara klasikal. Hasil pengamatan awal ketuntasan belajar siswa hanya mencapai  60  %.  Ketidaktuntasan  hasil  belajar  siswa  dipengaruhi  oleh  banyak faktor,   seperti   fasilitas   sekolah   yang   kurang   memadai,   pemilihan   metode pembelajaran yang kurang tepat, media pembelajaran kurang menarik dan tingkat keaktifan siswa yang rendah.

DOWNLOAD PTK BIOLOGI


Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan adanya sebuah strategi pembelajaran   yang   lebih  memberdayakan   siswa,   yaitu   suatu pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa. Pendekatan pembelajaran ini salah satunya menekankan kepada bagaimana belajar di sekolah yang  dikontekskan  ke  dalam  situasi  dunia  nyata,  sehingga  hasil  belajar  dapat diterima dan berguna bagi siswa selama di sekolah atau setelah mereka lulus dari sekolah tersebut.

Pendekatan  pembelajaran  tersebut  adalah  pendekatan  pembelajaran yang   didasarkan   kepada  pembelajaran   kontekstual.   Penerapan   pembelajaran kontekstual  ini  daharapkan  dapat  mendorong  minat,  motivasi,  dan  keaktifan siswa dalam proses KBM, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal ptk ipa smp kelas 8 kurikulum 2013.

Hakekat   pembelajaran   kontekstual   ini   adalah   pembelajaran   yang menekankan  aspek-aspek  REACT,  yaitu  aspek  mengaitkan  (relating),  aspek mengalami   (experiencing),   aspek   menerapkan   teori   pada   situasi   tertentu (applying),  aspek  kerja  sama  (cooperating),  dan  aspek  perolehan  pengetahuan baru (tranferring). Aspek-aspek tersebut aspek-aspek pokok pada pembelajaran IPA  sebagai  proses.  Sehingga  dengan  pendekatan  CTL  siswa  dapat  mengamati sendiri,  merasakan,  memegang  suatu  obyek,  bekerja  menggunakan  alat  dan bahan,  yang  pada  akhirnya  akan  ,memudahkan  siswa  untuk  mengingat  materi pelajaran yang telah dipelajarinya.

0 komentar:

Posting Komentar