dan Efisien dalam mengajarkan materi berkarya seni kriya bagi siswa di SMP Negeri dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil ptk kurikulum 2013.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri sedang objeknya adalah pembelajaran materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi pada mata pelajaran TIK yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar ptk baru.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 28 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 30 % judul ptk smp.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik mengaktifkan siswa ptk lengkap doc.
BAB I
PENDAHULUAN
A Latar Belakang.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang sangat mengesankan masyarakat dunia. Berbagai kemajuannya telah mempermudah manusia di dalam mencapai apa yang menjadi cita-cita kehidupannya. Salah satu kemajuan yang sangat dirasakan oleh masyarakat dunia adalah kemajuan di bidang komunikasi ptk untuk kenaikan pangkat.
Bidang komunikasi jelas merupakan sebuah bidang yang sangat penting bagi perikehidupan manusia karena dengan hanya adanya komunikasi maka manusia dapat mempertinggi peradabannya. Dan hanya dengan komunikasi maka manusia dapat menjalankan perannya sebagai makhluk sosial di kehidupan ini ptk untuk guru smo..
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa informasi telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Organisasi yang merupakan suatu kelompok masyarakat yang melakukan aktivitas guna mencapai tujuan bersama tidak lepasa dari rangkaian informasi. Secara sadar maupun tidak mereka harus melakukan fungsi informasi guna menghadapi persaingan era globalisasi, bisa dalam tingkat yang sederhana yaitu bentuk formulir-formulir, sampai dengan penggunaan teknologi tinggi, contohnya komputer, internet, dll ptk teknologi informasi.
Pada tahun pelajaran 2008 – 2009 sekarang ini SMP Negeri menggunakan kurikulum KTSP yaitu kurikulum yang mengharuskan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga pada pelaksanaan pengajaran yang dilakukan perlu adanya penelitian agar didapatkan pengajaran yang paling efektif untuk digunakan baik pada kesempatan yang sekarang maupun yang akan datang.
Pada kesempatan ini peneliti mengadakan penelitian tentang rendahnya penguasaan siswa pada pelajaran TIK, dan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah tidak efektifnya pengajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengajarkan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi tersebut download ptk terbaru.
Tidak efektifnya pengajaran yang dilakukan guru tersebut diduga akibat kurang tepatnya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran. Hal ini ditandai adanya kecenderungan guru dalam mengajarkan materi tersebut dengan metode ceramah secara klasikal.
Dilandasi keinginan untuk mencari strategi pembelajaran yang tepat dan efisien untuk meningkatkan hasil nilai penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi dari siswa kelas VIII A SMP Negeri inilah, maka peneliti merasa perlu mengadakan penelitian tindakan kelas ini.
Peningkatan hasil belajar pada materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi dan efetifitas pembelajaran yang diharapkan oleh peneliti adalah dengan langkah mengarahkan pembelajaran siswa aktif secara kelompok besar maupun dalam kelompok kecil. Selain harapan yang telah disampaikan diatas penelitian ini diharapkan dapat merubah paradigma guru dalam melakukan pembelajaran dari guru sebagai pusat belajar agar beralih ke siswa.
Guna mewujudkan harapan yang diinginkan oleh peneliti seperti di atas maka peneliti menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan menggunakan teknik pembelajaran kelompok besar dan pembelajaran kelompok kecil
B Identifikasi Masalah
Selama pembelajaran berlangsung siswa kelihatan tidak sungguh – sungguh dalam mengikuti pelajaran, kelihatannya diam tetapi diberi pertanyaan sering salah, bahkan sering guru memberi pertanyaan pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan alat peraga yang sesuai dan menarik perhatian siswa.
Pada umumya siswa sekolah dasar kurang berminat terhadap mata pelajaran TIK karena dianggap sebagai pelajaran yang kurang menyenangkan, akibatnya materi yang sebenarnya mudah menjadi sulit untuk anak seperti materi tentang menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi . Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasi kendala – kendala yang ada di lapangan dalam proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar TIK masih masuk dalam kategori rendah. Adapun kendala – kendala atau masalah yang dimaksud dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Siswa mempunyai anggapan bahwa TIK merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari.
2. Siswa tidak berani bertanya dan cenderung pasif.
3. Motivasi belajar siswa rendah sehingga tidak ada kompetisi antar siswa karena kurang adanya pengakuan bagi siswa yang berprestasi.
4. Guru mendominasi pelajaran
5. Guru tidak menggunakan metode dan alat peraga yang sesuai.
Berangkat dari masalah – masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka penulis mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan terhadap mata pelajaran TIK pada diri siswa.
C Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dikaji pada penelitian ini adalah :
1. Apakah melalui strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri?
2. Apakah strategi pembelajaran aktif merupakan pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri?
D Tujuan Penelitian
Tujuan dari pada penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri ini adalah :
1. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri.
2. Mencari pengajaran yang efektif untuk mengajarkan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri
3. Meningkatkan penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri tahun pelajaran 2008 – 2009 dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif.
E Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian yang dilakukan ini adalah :
1. siswa dapat meningkatkan penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi melalui strategi pembelajaran aktif.
2. siswa dapat mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan penguasaan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi tersebut dengan secara aktif dalam pembelajaran.
3. guru mendapatkan suatu strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri
0 komentar:
Posting Komentar