Rabu, 29 Juni 2016

CONTOH PTK PAI SMP dan MTs KELAS VII

CONTOH PTK PAI SMP KELAS VII LENGKAP-Pendidikan Agama Islam (PAI)  merupakan mata pelajaran pokok yang tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk dapat menguasai  berbagai kajian keislaman. Di dalam pembelajaran guru dituntut mampu mebuat penelitian tindakan kelas PAI SMP kelas 7 Saat ini banyak siswa yang menyukai belajar PAI. Pendidikan PAI dibutuhkan untuk mejaga moral siswa. Contoh PTK PAI SMP dan MTs kelas Vii anda dapat membuat materi pembelajaran kepada siswa secara terperinci.


Menghadapi kondisi moral siswa yang semakin memprihatinkan seperti sekarang banyak kasus pemerkosaan yang dilakukan anak pada usia sekolah kami tertarik untuk memberikan contoh (PTK) penelitian tindakan kelas PAI MTs untuk menemukan suatu cara atau teknik pembelajaran yang didukung oleh media pembelajaran sehingga siswa kelas 7  SMP dapat terlibat secara aktif dan dapat meningkatkan hasil nilai pendidikan agama islam yang memuaskan.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas Mapel Agama Islam SMP/MTs yang diberi judul “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Dengan Teknik Diskusi Di Kelas Vii Mts. Bustanul Ibad Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2009-2010, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK Agama Islam Kelas 7 SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN PTK 71 SMP).


Penelitian Tindakan Kelas Agama Islam MTs

ABSTRAK

Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi penting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasi belajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Proses belajar mengajar dibedakan menjadi dua dimensi, yaitu dimensi cara menguasai pengetahuan dan dimensi cara menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah ada. Rendahnya perolehan prestasi belajar akidah akhlak di MTs. Penelitian tindakan kelas MTs Bustanul Ibad menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad. Contoh PTK PAI SMP. Penelitian ini diharpakan bermanfaat bagi siswa bahwa pembelajaran dengan metode teknik diskusi memberikan pengalaman bari diharapkan memberikan kontribusi terhadap peningkatan belajarnya. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkan masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pembelajaran dengan metode teknik diskusi menjadi alternatif pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi siswa. Laporan PTK Pendidikan Agama Islam.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalam penggunaan metode teknik diskusi. Dalam pembelajaran akidah akhlak yang membantu siswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata dan ingin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi tersebut. Download PTK.

Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I, II dan III dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. Bustanul Ibad pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 57,7% termasuk kualifikasi rendah dan pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 75% maka angka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus III mencapai nilai 83% maka angka tersebut kualifikasi tinggi. Akhirnya berarti bahwa setelah siklus III semua subjek mengalami peningkatan prestasi belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode teknik diskusi. contoh skripsi PTK

Contoh PTK PAI SMP Lengkap

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran sebagai modal awal siswa Madrasah Tsanawiyah terutama mata pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran yang mendalami dasar keyakinan seorang siswa sebagai lanjutan peserta didik di madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang Rukun Iman, mulai dari iman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir sampai iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap Iman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Download PTK SMP lengkap.

Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan beriman kepada Allah dan malaikat dalam kehidupan sehari-hari dengan metode-metode yang sesuai untuk tercapainya proses belajar mengajar. Jasa Pembuatan PTK.

Mutu pembelajaran tidak akan mungkin tercapai tanpa performance siswa yang peka, kritis, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Sebab menurut Guthrie dan Reed dalam M. Sukardi (1999: 176-182) siswa merupakan salah satu sumber daya manusia yang menentukan mutu pembelajaran. Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi penting mutu pembelajaran, dapat dilihat dari hasil setiap kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan pemahaman siswa, karena tinggi rendahnya prestasi siswa juga hasil prestasi belajar siswa dari upaya kegiatan belajarnya. PTK Pendidikan Agama Islam.

Kemajuan dan perkembangan IPTEK serta perubahan masyarakat yang sangat cepat menuntut keharusan para guru mengikuti perkembangan keahliannya, seperti halnya guru akidah akhlak akan mengembangkan keahliannya di bidang akidah akhlak. Dengan demikian, guru mempunyai tugas yang semakin komplek dalam tugasnya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya baik secara individual maupun kelompok.

Dalam konteks nilai paedagogis guru juga bertugas membantu, membimbing dan memimpin siswanya dalam pemahaman ini. Mohammad Rivai dalam Suryo Subroto (2002: 4) mengatakan bahwa di dalam situasi pengajaran, gurulah yang memimpin dan bertanggung jawab penuh atas kepemimpinannya yang dilakukan itu. Ia tidak melakukan instruksi-instruksi, dan tidak berdiri di bawah instruksi manusia lain kecuali dirinya sendiri, setelah masuk dalam situasi kelas. Contoh laporan PTK.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan sebelumnya, penyusunan ptk rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, bagaimanakah meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada malaikat Allah dengan menggunakan metode diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi.
Secara spesifik rumusan masalah dijabarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus I di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
2.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus II di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
3.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus III di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi. Manfaat penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk:
1.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus I di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi.
2.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus II di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi.
3.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus III di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi
Adapun manfaat penelitian yang diharapkan dapat diraih dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagi Kepala Sekolah: sebagai sarana pembinaan kepada guru-guru akidah akhlak untuk mempertimbangkkan penggunaan metode teknik diskusi.
2.    Bagi guru bidang studi Akidah Akhlak: sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses mengajar bidang studi PAI umumnya dan Akidah Akhlak khususnya.
3.    Bagi teman sejawat: sebagai sarana untuk belajar dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.


Contoh PTK MTs Kelas VII

BAB II

KAJIAN PUSTAKA


A. Kajian Teoritis

Strategi ini merupakan strategi yang menarik untuk digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi tersebut tidak mengharuskan urutan penyampaian. Laporan lengkap PTK Guru.
Kelebihan strategi ini adalah dapat melibatkan seluruh peserta didik dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain.
Langkah-langkah:
1.    Bagi kelas menjadi 5 kelompok (masing-masing terdiri dari 6 orang) untuk lima bagian pelajaran yang berbeda, langsung untuk mendiskusikan dan menyelesaikannya tanpa harus menerangkan terlebih dahulu contoh : Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah.
-    Pengertian beriman kepada malaikat Allah
-    Nama-nama malaikat
-    Sifat-sifat malaikat
-    Tugas-tugas malaikat 1-5
-    Tugas-tugas malaikat 6-10
2.    Dari kelima kelompok dipecah kembali menjadi enam kelompok dengan anggota berbeda.
3.    Setiap anggota kelompok baru menerangkan hasilnya kepada anggota lain (dalam satu kelompok) secara berurutan sampai semua kebagian.
4.    Berikan 5 soal berbeda dari lima bagian pelajaran untuk diselesaikan oleh grup baru.
5.    Berikan jawaban yang benar oleh guru melalui OHP atau tunjuk untuk menerangkan hasil kerjanya di papan tulis.

B. Hakikat  Belajar

Hakikat belajar mengajar: menurut Abu Ahmadi, hakikat mengajar itu ada 3 jenis :
1.    Menanamkan pengetahuan kepada anak,
2.    Menyampaikan pengetahuan dan kebudayaan kepada anak,
3.    Suatu aktivitas mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar.
Hakikat belajar adalah usaha sadar untuk menguasai ilmu, untuk dapat menerapkan pengetahuan,  untuk dapat melaksanakan suatu pekerjaan dengan baik. Jadi belajar dan mengajar saling berkaitan dalam suatu proses menuju perubahan pengetahuan, perubahan tingakah laku, perubahan keterampilan dan dapat mengatasi persoalan hidup dengan baik dan mandiri.

C. Malaikat-malaikat Allah

Beriman kepada malaikat-malaikat Allah merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai atau dipahami seorang siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal tersebut seorang guru harus mampu mengajarkan kompetensi tersebut dengan berbagai pendekatan atau metode dan teknik tertentu.
Malaikat adalah makhluk Allah yang terbuat dari cahaya, jumlah malaikat tidak terhitung, hanya ada 10 malaikat yang wajib diketahui adalah :
-    Jibril
-    Mikail
-    Isrofil
-    Izroil
-    Munkar
-    Nakir
-    Rokib
-    Atid
-    Malik
-    Ridwan
a)    Sifat-sifat malaikat
-    Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya (HR Muslim);
-    Malaikat adalah makhluk Allah yang taat, senantiasa mengerjakan perintah Allah (QS. Al-Anbiya: 27);
-    Malaikat tidak memerlukan makanan dan minuman (QS Hud: 70)
-    Malaikat senantiasa menyembah dan bertasbih kepada Allah tanpa putus sepanjang masa (QS. Al-Anbiya: 27).
-    Malaikat tidak berjenis laki-laki atau perempuan (QS Al-Isra: 40)
-    Malaikat tidak mati sebelum datangnya hari qiamat karena harus menunaikan tugas dari Allah swt.
-    Atas kehendak Allah malaikat bisa berubah wujud menjadi bentuk lain.
b)    Tugas - tugas malaikat
-    Jibril tugasnya menyampaikan wahyu/risalah;
-    Mikail tugasnya mengatur rizki meliputi hujan, menebarkan karunia Allah kepada seluruh alam.
-    Isrofil tugasnya meniup sasangkala sebanyak 3 kali, tiupan pertama mengancurkan seluruh alam, yang kedua mematikan seluruh makhluk yang bernyawa, dan tiupan ke tiga membangkitkan manusia pada hari pembalasan di padang mahsyar.
-    Izroil tugasnya mencabut nyawa (QS As-Sajdah ayat 11).
-    Munkar  Memeriksa manusia dalam kubur
-    Nakir memeriksa manusia dalam kubur
-    Roqib tugasnya mencatat amal baik manusia.
-    Atid tugasnya mencatat amal buruk manusia
-    Malik menjaga pintu neraka
-    Ridwan menjaga pintu neraka
c)    Hikmah beriman kepada malaikat Allah
-    Mempertebal dan menambah keimanan terhadap Allah Swt.
-    Menumbuhkan sifat dan sikap istiqomah dalam menaati Allah Swt.
-    Menumbuhkan dan membiasakan diri kita untuk selalu mawas diri.
-    Meningkatkan rasa syukur terhadap Allah Swt.
-    Semaikn menyadarkan diri kita bahwa dunia ini hanya sementara atau tidak kekal.

D. Hipotesis Tindakan

    Penulis berkeyakinan bahwa metode diskusi mampu meningkatkan pemahaman siswa MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi terutama pada kompetensi beriman kepada malaikat-malaikat Allah.

Proposal PTK SMP Kelas 7

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN


A. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian pada BAB IV di atas, ada beberapa temuan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu:
1.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat Allah di MTs Bustanul Ibad pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 57,7%, angka tersebut termasuk kualifikasi rendah.
2.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat Allah di MTs Bustanul Ibad pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 75%, maka angka tersebut kualifikasi sedang, intervalnya antara 65-75.
3.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat Allah di MTs Bustanul Ibad dengan metode diskusi pada siklus III mencapai nilai 83%, maka angka tersebut kualifikasi tinggi, berada pada interval 80-100.

B. Saran

1.    Melalui pembelajaran model diskusi, guru dapat dengan mudah merespon potensi atau modalitas siswa dalam setiap kelompok belajar, apakah tergolong kepada kelompok Visual, atau kelompok Auditorial atau kelompok Kinestetik. Dengan demikian seorang guru yang profesional dapat lebih efektif dapat melakukan kegiatan proses belajar mengajar, serta dengan mudah dapat merespon perbedaan perbedaan potensi yang dimiliki peserta didiknya. Penyusunan proposal penelitian tindakan kelas.
2.    Bersyukurlah kita senantiasa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berbanggalah kita menjadi seorang guru yang dilibatkan (diikut-sertakan) dalam kegiatan penelitian kegiatan kelas tahun 2009 ini. Berbuat lebih baik lagi, agar kita dapat menuntut yang lebih baik. Bekerjalah hari ini lebih baik daripada hari kemarin, dan besok harus lebih baik daripada hari ini. Dengan demikian, maka kita termasuk orang-orang yang sukses. Contoh Proposal PTK MTS

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.     Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bina Aksara
Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima
Departemen Agama RI  2007 ” KTSP Mata Pelajaran AQIDAH AKHLAK”
Ibrahim, T.  2007. Membangun Akidah Akhlak KelasVII. Surakarta: Tiga Serangkai
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusmansyah, Taofik. 2008. Aqidah dan Akhlak. Bandung: Grafindo.
Zaini, Hisyam. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan   Madani.


Terima kasih telah berkunjung di Asri Yulian Blog yang membahas Contoh PTK PAI SMP dan MTs kelas VII. Semoga PTK Agama Islam ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar: