Kamis, 28 Mei 2020

PTK MATEMATIKA SMP KELAS 9 PDF

PTK MATEMATIKA SMP KELAS 9 PDF-Riyono,2006,“ Upaya Meningkatkan  hasil  Belajar  siswa   kelas  III G  SMP  Negeri  pada  pokok  Bahasan  operasi pada bentuk aljabar Melalui model pembelajaran Tutor Sebaya  dalam  Kelompok  kecil ” ptk matematika smp untuk kenaikan pangkat.  Alasan pemilihan judul adalah berdasarkan pengalaman guru kelas IIIG SMP Negeri, ternyata hasil ulangan untuk  pokok bahasan  operasi pada bentuk  aljabar  setiap  tahunnya rata-rata berkisar antara 5,4 proposal ptk matematika smp kelas 7 bilangan bulat. Disamping itu pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar sering muncul dalam tes semester atau Ujian Nasional, sedangkan  pemahaman  siswa  terhadap pokok bahasan ini sangat rendah, maka masalah tersebut perlu segeradi atasi untuk mengatasi permasalahan  tersebut perlu adanya penelitian tindakan kelas, di mana tujuan penelitian adalah sebagai berikut ptk matematika smp bangun ruang.
1. untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIG SMP Negeri tahun Pelajaran 2005/2006  pada pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar .
2. untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIIG SMP Negeri tahun Pelajaran 2005/2006.
3. untuk memperoleh cara yang tedapat dan efektif dalam menerapkan model pembelajaran  tutorsebaya  dalam  kelompok  kecil artikel ptk matematika smp.
Ada pun rencana tindakannya  adalah  mengadakan penelitian di SMP Negeri kelas IIIG sebanyak 3 siklus, sebelum mengadakan penelitian tindakan kelas terlebih dahulu mengadakan perencanaan sebagai berikut latar belakang ptk matematika smp.
1. Menyusun rencana pembelajaran 
2. Merancang  pembelajaran  dengan membentuk kelompok belajar siswa .
3. Menentukan kolaborasi dengan teman sejawat  sebagai partner penelitian.
4. Membuat lembar observasi.
5. Menyusun evaluasi untuk mengukur ketuntasan belajar
ptk matematika smp untuk kenaikan pangkat.

Selanjutnya mengenai hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut .
1. Pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil ada perubahan dimana pada pertemuan I siswa pasif, pertemuan II siswa  mulai aktif, sedangkan pertemuan III semua  siswa aktif.
2. Motivasi siswa terhadap materi pelajaran pada pertemuan III baik, jika dibandingkan dengan pertemuan I dan pertemuan II contoh ptk matematika smp kurikulum 2013 doc.
3. hasil belajar siswa berhasil sebab pada siklus III siswa yang nilainya lebih dari 6,5 sebanyak 87%, dengan nilai rata-rata 7,48 ptk ppg matematika.

Dari hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa  melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil  hasil belajar  siswa  kelas IIIG SMP Negeri pada pokok bahasan  operasi pada  bentuk aljabar di dapat  ditingkatkan jurnal ptk matematika smp.

Saran kepada pembaca bahwa dalam penelitian jumlah siswa tiap kelompok tidak boleh kurang dari 4 dan tidak boleh lebih dari 5 dengan penyebaran menurut tingkat kecerdasan siswa, dan guru selalu memberi bimbingan pada kelompok yang membutuhkan.

BABI
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran matematika sekarang mengacu pada GBPP Kurikulum 1994. Menurut buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 1994, maka ketuntasan belajar secara klasikal dituntut paling sedikit 85% siswa memperoleh nilai minimal 6, 5 contoh ptk smp.

Berdasarkan pengalaman guru kelas IIIG negeri, ternyata hasil ulangan untuk pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar setiap tahunnya rata-rata berkisar antara 5, 4. Mengingat pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar sering muncul dalam tes semester atau Ujian Nasional, sedangkan pemahaman siswa terhadap pokok bahasan ini sangat rendah, maka masalah tersebut perlu segera diatasi. kalau pemahaman siswa tidak dapat ditingkatkan secara baik niscaya siswa akan mengalami kesulitan pada tingkat penerapan ptk matematika smp kelas 7 lengkap pdf.

Apabila siswa lebih memahami tentang Operasi pada bentuk Aljabar melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil, maka siswa akan lebih mudah memahami dan menerapkan materi pelajaran selanjutnya, yaitu pada pokok bahasan Fungsi kuadrat dan Grafiknya.

Disamping itu dengan memahami tentang Operasi pada bentuk Aljabar, maka sifat dari matematika yang abstrak akan lebih mudah dipahami oleh siswa sekaligus meningkatkan motivasi belajar matematika lebih lanjut, dan akhirnya akan memberi kontribusi pada pencapaian hasil belajar yang lebih baik contoh proposal ptk matematika smp download .

B. Rumusan Masalah

Mengacu pada uraian latar belakang masalah, masalah penelitian tindakan kelas dirumuskan sebagai berikut.
1. Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa - siswa kelas IIIG Negeri tahun Pelajaran 2005/2006 dalam pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar?
2. Apakah hasil belajar siswa kelas IIIG III G negeri tahun pelajaran 2005/2006 dalam pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar yang setiap tahunnya rata-rata berkisar antara 5, 4 dapat ditingkatkan.

C. Tujuan Penelitian 

Sesuai dengan uraian pada latar belakang dan pada perumusan masalah, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III G Negeri Tahun Pelajaran 2005/2006 pada pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar contoh pembuatan ptk smp.
2. untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III G Negeri tahun pelajaran 2005/2006.
3. untuk memperoleh cara yang tepat dan efektif dalam menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.

D. Manfaat Penelitian 

Dari hasil pelaksanaan PTK ini akan memberikan manfaat bagi perorangan/ institusi sebagai berikut.

1. Manfaat Bagi siswa 
a. Siswa mendapat pengalaman baru pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.
b. Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip kerja sama dalam kelompoknya.
c. Siswa terampil dalam menyelesaikan soal-soal tentang Operasi pada bentuk Aljabar.
d. Prestasi belajar siswa meningkat karena pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran .

2. Manfaat Bagi guru 
a. guru lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa karena perhatian siswa dapat terfokus.
b. Keberhasilan guru sebagai pengajar meningkat karena prestasi belajar siswa yang tinggi.
c. siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
d. guru tidak mendapat kesulitan untuk menerangkan materi - materi selanjutnya karena materi yang menjadi prasyaratnya dikuasai siswa dengan baik .
e. guru sedikit demi sedikit akan mengetahui model pembelajaran, sehingga permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dapat dikurangi.

3. Manfaat Bagi Sekolah
a. hasil dari penelitian ini akan sangat bermanfaat bagisekolahya itu perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan kualitas sekolah.
b. Keberhasilan sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia dapat ditingkatkan karena prestasi belajar siswa yang tinggi.
c. penelitian yang diadakan dapat merangsang guru - guru yang lain untuk memperbaiki model dan metode pembelajaran yang mereka terapkan.

E. Sistematika Penulisan Skripsi

Sistematika penulisan skripsi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian akhir skripsi.
1. Bagian Awal Skripsi
Pada bagian awal penulisan skripsi ini memuat: halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.

2. Bagian Isi Skripsi
Pada bagian isi penulisan skripsi ini terdiri dari lima bab, yaitu sebagai berikut.
a. Bab I Pendahuluan
Dalam Bab I berisi tentang alasan pemilihan judul, permasalahan, penegasan istilah, tujuan penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.

b. Bab II Landasan Teori dan Hipotesis Tindakan 
Dalam Bab II ini memuat tentang Tinjauan Kepustakaan, dan Hipotesis Tindakan .Berisi teori yang dijadikan sebagai acuan dalam penelitian ini yang merupakan tinjauan dari buku-buku pustaka. dalam bagian ini peneliti membahas tentang belajar menurut beberapa ahli dalam beberapa sumber buku. Disamping itu juga ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, model pembelajaran melalui tutor sebaya dalam kelompok kecil, dan pokok bahasan yang terkait dengan model pembelajaran tersebut, yakni pembahasan materi pokok bahasan Operasi pada bentuk Aljabar. Bagian selanjutnya peneliti mengajukan hipotesis tindakan yang merupakan jawaban sementara dan memerlukan penelitian .

c. Bab III Metode penelitian 
Pada BabIII memuat tentang lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian, rancangan penelitian yang terdiri atas tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, tolok ukur keberhasilan, instrumen penelitian, cara pengumpulan data dan analisis data.

d. Bab IV hasil penelitian dan Pembahasan 
Dalan Bab ini berisi tentang pelaksanaan pada siklus 1, siklus 2, siklus 3 dan selanjutnya dibahas hasil penelitian tersebut.

e. Bab V Kesimpulan dan Saran
Dalam Bab ini berisikan simpulan dari hasil penelitian, dengan memperhatikan dari hasil penelitian ini maka dikemukakan saran-saran dan penutup.

3. Bagian Akhir Skripsi
Pada bagian akhir skripsi ini terdiri dari daftar pustaka serta lampiran- lampiran hasil penelitian dan instrumen penelitian .Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan, lembar penilaian. Sedangkan lampiran-lampiran terdiri dari surat ijin dari Kepala Sekolah, Rencana pembelajaran dan Foto-foto penelitian 


0 komentar:

Posting Komentar