Minggu, 19 April 2020

PTK IPA KELAS VIII PENCERNAAN MANUSIA SEMESTER 1 K13

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik observasi dengan penekanan pada proses pembelajaran dikelas. Populasi dalampenelitian ini 42 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.  Sample penelitian siswa kelas VIII contoh ptk kenaikan pangkat guru smp. 

Data yang dikumpulkan bersunber dari PTK yang mencakup 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) refleksi sebanyak dua siklus ptk ipa smp doc. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Umumnya perhatian siswa pada proses pembelajaran meningkat (2) aktifitas siswa dalam pembelajaran meningkat (3) Kesungguhan dan kemampuan siswa untukmenyelesaikan soal yang diberikan  guru meningkat (4) hasil belajar kesebagunan siswa meningkat dari sklus I ke siklus II (5) Jumlah siswa yang memperoleh peningkatan nilai dari sebelumnya meningkat (6) jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai dari sebelumnya berkurang (7) hasil belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan, pada siklus pertama dari rata-rata 59.24 menjadi 78.38 pada siklus ke dua, mengalami peningkatan 32.30% ptk ipa smp kurikulum 2013 doc

Berdasarkan temuan diatasd peneliti merekomendasikan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada umunya dapat dipakai sebagai model dalampembelajaran Penecrnaan Manusia ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru doc.
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

Abad XXI dikenal sebagai abad globalisasi dan abad teknologi informasi perubahan sangat pesat dan dramatis dalam bidang ini merupakan fakta dalam kehidupan siswa. Pengembangan kemampuan siswa bidang pendidikan merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dan memasuki dunia teknologi informasi.

Pendidikan merupakan dasar yang sangat penting bagi pembangunan bangsa, karena melalui pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumberdaya mausia yangberkualitas. Mutu pendidikan dapat terwujut jika kegiatan belajar mengjar dapat berjalan secara efektif, proses belajar lancer. Upaya perbaikan mutu pendidikan menjadi salah satu penunjang yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan ,misalnya penggunaan model belajar yang tepat merupakan salah satu upaya untuk meningklatkan mutu pendidikan di sekolah download ptk ipa kenaikan pangkat guru smp. 

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yang masih rendah ialah melalui peningkatan  mutu pembelajaran, khusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang selama dua tahun terakhir ini nilai Rata-rata UAS kurang memuaskan, yaitu pada tahun pelajaran 2005/2006 nilai rata-rata 5.85 sedangkan tahun pelajaran 2006/2007 nilai rata-rata 5.82. rendahnya nilai rata-rata tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat Konvensional diantaranya pembelajaran masih berpusat pada guru (Teaching Centered). Pormasalahan tersebut dapat diatasi denganpemilihan  model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasilnya efektif judul ptk ipa smp 2019.

Pemahaman tentang pembelajaran pencernaan manusia merupakan salah satu dasar dalam memahami hambatan-hambatan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pembelajaran pencernaan manusia, maka upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap pembelajaranb tersebut  digunakan model jigsaw ptk ipa terpadu smp doc.

Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti hak tersebut dengan mengangkat judul “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPA pada Pencernaan Manusia melalui Model Jigsaw dikelas VIII C SMP Negeri”.


ptk ipa smp kurikulum 2013

DOWNLOAD PTK IPA SMP 


B. Rumusan Masalah Dan Pemecahannya 

1. Rumusan Masalah 
Adapun yangmenjadi rumusan masalah pada proses pembelajaran Pencernaan siswa kelas VIII C adalah sebagai berikut :
a. Apakah ada peningkatan perhatian siswa pada pembelajaran biologi dalam pembahasan Pembelajaran Manusia.
b. Apakah ada peningkatan keberanian siswa tampil menjawab soal di depan kelas yang diberikan oleh Guru? ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru pdf
c. Apakah ada peningkatan jumlah siswa yang menjawab soal kuis yang tingkat kesulitannya hampir sama, setelah disertakan catatan, komentar, tangapan atau saran pada lembar jawaban mereka masing- masing
d. Apakah ada peningkatan kesanggupan dan kemampuan mengajukan pertanyaan, setelah siswa mengetahui bahwa dilakukan perekaman terhadap pertanyaan mereka?
e. Apakah ada peningkatan kemampuan dan kejelian siswa untuk menghindari kekelirian yang serupa untuk soal kuis yang tingkat kesulitannya hampir sama, setelah disertakan catatan, komentar, tangapan atau saran pada lembar jawaban mereka?
f. Apakah ada peningkatan perhatian, cara, kesanggupan dan kemampuan siswa enyelesaikan soal-soal sulit yang ditugaskan oleh guru mata pelajaran biologi? ptk ipa smp kelas 7 kurikulum 2013 doc
g. Apakah ada peningkatan perhatian cara kesanggupan dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal tidak sulit yang ditugaskan oleh guru mata pelajaran biologi?
h. Apakah ada peningkatan siswa yangmengajukan pertanyaan, tanggapan, komentar, saran, kritik atau memberi jawaban secara tertulis pada buku catatan masing-masing maupun di papan tulis. 
i. Apakah ada peningkatan siswa yang memperoleh kenaikan nilai atau skor dari kuis sebelumnya?
j. Apakah ada peningkatan siswa yangmemperoleh penurunan nilai atau nilainya tetap dari sebelumnya? ptk ipa smp kelas 7 kurikulum 2013

2. Pemecahan Masalah 
Mata pelajaran IPA Di SMP Negeri masih kurang dimninati, kurang respon oleh siswa sehingga berdampak terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rendahnya nilai rata-rata UAS dua tahun terakhir yakni pada tahun 2005/2006 dengan nilai rata-rata 5.85 sedangkan pada tahun 2006/2007 nilai rata-rata 5.82.

Alternative yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembalajaran yang dapat membuat situasi kelas menjadilebih menyenangkan, kondusif, kreatif, dan ionovatif. Upaya mengatasi hal tersebut  penulis menggunakan model jigsaw yang diprediksi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Melalaui Penelitian tindakan kelas (PTK) inilah model jigsaw diterapkan. Penelitian tindakan kelas memiliki 4 tahap yaitu 1) tahap Perencanaan. Perencanaan yang dilakukan adalah membuat perangkat belajar mengajar yang mencakup kegiatan kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2) tahap tindakan, merupakan tahap pelaksanaan dari perencanaan dengan menggunakan model jigsaw. 3) Observasi, dilakukan oleh pelaku tindakan observer. 4) Pelaksanaan refleksi, dilakukan setelah pelaksanaan dengan melengkapi data yang diperoleh dan dijadikan bahan perencanaan untuk tindakan disiklus berikutnya ptk untuk kenaikan pangkat guru smp

C. Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tentang hal-hal sebagai berikut :
1. Ada peningkatan perhatian siswa pada pembelajaran biologi yang ditandai dengan aktivitas mereka merespon proses pembelajaran. Misalnya aktif bertanya, memberi komentar, tanggapan atau menjawab pertanyaan, baik secara lisan maupun tertulis pada buklu catatan mereka masing-masing
2. Ada peningkatan keberanian siswa untuk tampil menjawab soal didepan kelas yang diberikan guru 
3. Ada peningkatankemampuan menjawab soal yang diberikan guru yang tingkat kesulitannya hampir sama, setelah disertakan catatan komentar tanggapan atau saran pada lembar jawaban mereka masing – masing.
4. Ada peningkatan kesanggupan dan kemampuan mengajukan pertanyaan, setelah siswa mengetahui bahwa dilakukan perekaman terhadap pertanyaan mereka
5. Ada peningkatan kemampuan dan kejelian siswa untuk menghindari kekelirian yang serupa untuk soal kuis yang tingkat kesulitannya hampir sama, setelah disertakan catatan, komentar, tangapan atau saran pada lembar jawaban mereka.
6. Ada peningkatan perhatian, cara, kesanggupan dan kemampuan siswa enyelesaikan soal-soal sulit yang ditugaskan oleh guru mata pelajaran biologi.
7. Ada peningkatan perhatian cara kesanggupan dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal tidak sulit yang ditugaskan oleh guru mata pelajaran biologi.
8. Ada peningkatan siswa yangmengajukan pertanyaan, tanggapan, komentar, saran, kritik atau memberi jawaban secara tertulis pada buku catatan masing-masing maupun di papan tulis. 
9. Ada peningkatan siswa yang memperoleh kenaikan nilai atau skor dari kuis sebelumnya .
10. Ada peningkatan siswa yangmemperoleh penurunan nilai atau nilainya tetap dari sebelumnya?

D. Manfaat Hasil Penelitian 

Manfaat dari adanya hasil penelitian ini adalah :

1. Bagi siswa
a. Manfaat Teoretis 
Melalui model pembelajaran jigsaw prestasi belajar  siswa meningkat 
b. ManfaatPraktis
1) Dapat meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab dan mengemukakanopendapat
2) Dapat meningkatkan kesunguhan dalam mengajukan pertanyaan
3) Dapat meningkatkan perhatian dan kemampuan menyelesaikan soal.

2.  Manfaat bagi Guru 
a. Secara Teoretis
Dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dikelas.
b. Secara  Praktis
Dapat meningkatkan minat untuk melakukan penelitian.

3. Manfaat Peneliti
Memberi pertimbangan untuk dijadikan salah satu model pembelajaran dalamproses pembelajaran
4. Manfaat bagi sekolah 
Meningkatkan kualitas sekolah melalui berbagai prestasi hasil belajar siswa. 

E. Hipotesis 

Menurut pendapat Ali (1993:31) “Hipotesisi penelitian adalah jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti, dirumuskan atas dasar terkaan penelitian. Jawaban sementara ini selanjutnya akan diuji dengan data yang dikumpulkan melalui penelitia”.

Jika Model jigsaw diterapkan pada pembelajaran IPA pada pencernaan manusia maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri. 

0 komentar:

Posting Komentar