Senin, 20 April 2020

PTK IPA SMP UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU KELAS VIII

A. Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan bagi perkembangan dan pembangunan bangsa dan negara. kemajuan suatu bangsa bergantung pada bagaimana bangsa tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia dalam hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakat terutama kepada pesrta didik.
Pendidikan merupakan salah satu sektor penting penentu keberhasilan pembangunan nasional, baik dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi  yang dilakukan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional  sebagaimana yang tercantum dalam UU Sisdiknas Bab II pasal 3 yang berbunyi ptk ipa smp doc:

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk  berkembangnya  potensi pesrerta  didik  agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak  mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negar yang demokratis serta bertanggung jawab ptk ipa smp kurikulum 2013 doc. (Diknas, 2000-2004: 7)

Tujuan sistem pendidikan nasional juga berfungsi memberikan arah pada semua kegiatan pendidikan dalam satu-satuan pendidikan yang ada. Tujuan pendidikan nasional tersebut, merupakan tujuan umum yang  hendak dicapai oleh semua satuan pendidikan nasional tersebut,  merupakan tujuan umum yang hendak dicapai oleh semua satuan  pendidikannya, meskipun setiap satuan pendidikan tersebut mempunyai  tujuan sendiri-sendiri, namun semua itu tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional yang ada contoh ptk kenaikan pangkat guru smp.

Pendidikan biologi merupakan bagian dari pendidikan sains dan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah yang diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional yang ada. Biologi merupakan  wahana   untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan sikap serta bertanggung jawab kepada lingkungan. Biologi berkaitan dengan cara   mencari tahu dan memahami alam dan makhluk hidup secara sistematis sehingga pembelajaran biologi bukan hanya penguasaan kumpulan-kumpulan fakta tetapi juga proses penemuan ptk ipa terpadu smp doc.
Selain itu, Biologi merupakan salah satu pendidikan dan langkah awal bagi seorang anak mengenal dan memahami konsep-konsep tentang  alam untuk membangun keahlian dan kemampuan berpikirnya agar dapat berperan aktif menerapkan ilmunya dalam dunia teknologi. Untuk  merealisasikan hal tersebut maka harus terjadi peningkatan mutu pendidikan dalam pembelajaran biologi dan sains ptk ipa smp kelas 7 kurikulum 2013 doc.

Namun pada kenyataan yang ada dalam pendidikan sains atau biologi belum adanya peningkatan mutu pendidikan. Masalah-masalah  pembelajaran sains atau biologi diantaranya adalah: pengajaran sains hanya  mencurahkan pengetahuan (tidak berdasarkan praktek). Dalam hal ini,  fakta, konsep dan prinsip sains lebih banyak dicurahkan melalui ceramah,  tanya jawab, atau diskusi tanpa didasarkan pada hasil kerja praktek.Variasi  kegiatan belajar mengajar  (KBM) sangat sedikit. Pada  saat  ini, guru  hanya  mengajar dengan ceramah dikombinasi dengan media dan siswa tidak  terlibat aktif dalam pembelajaran contoh judul ptk ipa smp kurikulum 2013.

Menurut Paolo dan Martin sebagaimana yang dikutip oleh Iskandar dalam Sofyan, mendefinisikan IPA atau sains untuk anak-anak terdiri dari kegiatan mengamati apa yang terjadi, mencoba memahami apa yang diamati, mempergunakan pengatahuan baru untuk meramalkan apa yang  terjadi, dan menguji ramalan-ramalan di bawah kondisi-kondisi apakah ramalan itu benar (Ahmad Sofyan, 2007: 3).


PTK KENAIKAN PANGKAT GURU

Dari penjelasan diatas bahwa biologi merupakan bagian dari sains, yang menekankan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung, atau siswa ditekankan untuk aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Pada dasarnya pelajaran sains berupaya membekali siswa dengan berbagai kemampuan tentang cara mengetahui dan cara mengerjakan yang dapat membantu siswa untuk memahami alam sekitar. Atas dasar  pemikiran tersebut maka pendekatan pembelajaran yang  perlu dikembangkan  perlu penekanan pada kegiatan belajar siswa aktif contoh proposal ptk ipa smp kelas 8.

Salah satu upaya untuk mengatasi masalah peningkatan mutu dalam pendidikan sains atau biologi tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran yang menitikberatkan pada keterampilan-keterampilan  tertentu seperti keterampilan dalam menyelesaikan masalah, ketrampilan   dalam mengamati obyek, keterampilan dalam mengambil keputusan,  keterampilan dalam menganalisis data, berfikir secara logis, sistematis serta  keterampilan dalam mengajukan pertanyaan. Sehingga pembelajaran kan  lebih menitik beratkan kepada siswa dan siswa aktif dalam mengikuti  kegiatan belajar mengajar. Menurut pandangan konstruktivisme belajar  berarti membentuk makna. Makna  diciptakan oleh siswa dari apa yang  mereka lihat, dengar, rasakan dan alami. Bagi kaum konstruktivisme mengajar bukanlah kegiatan memindahkan pengetahuan dari guru ke murid, melainkan suatu kegiatan yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuannya (Suparno, 1997: 61) lampiran ptk ipa smp.

Salah satu pendekatan pembelajaran yang menitik beratkan kepada siswa dan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah pendekatan interaktif. Pendekatan interaktif dikenal sebagai pertanyaan anak, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan  kemudian dilanjutkan dengan penyelidikan yang berkaitan dengan  pertanyaan yang mereka ajukan (Handayani, 2005: 13). ptk ipa smp kelas 7 kurikulum 2013 doc

Salah satu kebaikan dari pendekatan interaktif  adalah  bahwa  peserta didik belajar mengajukan pertanyaan, mencoba merumuskan pertanyaan, dan mencoba menemukan jawaban terhadap pertanyaannya sendiri   dengan melakukan observasi atau pengamatan. Dengan cara seperti itu peserta didik menjadi kritis dan aktif belajar.

Dengan demikian diharapkan penggunaan pendekatan interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk melakukan pengkajian secara teoretis  maupun praktis permasalahan ini dengan judul: Peningkatan Hasil Belajar  Biologi Siswa dengan Pendekatan Interaktif Pada Konsep Sistem Pernapasan Pada Manusia.

B. Perumusan Masalah 

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah dalam ini penelitian ini adalah: Apakah pendekatan interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII, khususnya pada materi system pernapasan manusia?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Biologi siswa khususnya pada materi system pernafasan pada manusia, melalui pelaksanaan pendekatan interaktif.

D. Kegunaan Hasil Penelitian

Adapun kegunaan hasil penelitian ini adalah:

1.  Agar dapat menambah wawasan pengetahuan dan  kemampuan guru SMP/MTs khususnya yang berkaitan dengan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran biologi dan dapat menjadikannya sebagai alternatif pembelajaran.
2.  Memotivasi siswa dalam belajar, karena dalam pembelajaran ini siswa belajar secara aktif dengan mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar